Laporan Pertanggung Jawaban Bidang Sosial, Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat 2013-2014



LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN
BIDANG SOSIAL,EKONOMI DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH
PK STIKES MUHAMMADIYAH LAMONGAN
2013 - 2014

                       I.            PENDAHULUAN
Assalamualaikum wr.wb
IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah) ialah organisasi mahasiswa Islam di Indonesia yang memiliki hubungan struktural dengan organisasi Muhammadiyah dengan kedudukan sebagai organisasi otonom. Memiliki tujuan terbentuknya akademisi Islam yang berakhlak mulia dalam rangka mencapai tujuan Muhammadiyah.
Bidang social ekonomi dan pemberdayaan masyarakat sebagai salah satu bidang dalam Ikatan Mahaswa Muhammadiyah mempunyai peranan yang penting dalam upaya mewujudkan cita-cita yang di emban oleh Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah. Khususnya PK. IMM STIKES Muhammadiyah Lamongan.
Dalam tugasnya bidang sosial ekonomi dan pemberdayaan masyarakat mempunyai tugas diantaranya program kerja yang peduli dengan kehidupan sosial di sekitarnya.
Terkait dengan itu maka Pimpinan Komisariat IMM STIKES Muhammadiyah Lamongan  membuat program kerja yang sesuai dengan kondisi yang ada di Kampus, dimana IMM dibawah naungan Muhammadiyah berusaha memberikan konrtibusi yang semaksimal mungkin.
 Bidang sosial ekonomi dan pemberdayaan masyarkat telah melaksanakan program kerja sesuai dengan GBHO (Garis-garis Besar Haluan Organisasi) demi menguatkan peran IMM di lingkungan kampus yang memberi kontribusi yang maksimal demi Visi dan Misi yang di emban oleh Kampus, IMM, dan Muhammadiyah.

                       II.            KONDISI OBYEKTIF
PK IMM STIKES Muhammadiyah Lamongan yang mana organisasi ini telah berdiri beberapa tahun yang lalu. Sebagai kampus yang berlatar belakang pendidikan kesehatan merupakan hal yang mendorong untuk melakukan kegiatan yang tidak jauh dari koridor bidang kesehatan, yang mana program itu harus disesuaikan dengan tri dharma perguruan tinggi.
Sebuah kegiatan tidak lepas dari peran financial, untuk itu bidang sosial ekonomi dan pemberdayaan masyarakat terdorong untuk membuat program kerja dimana dari program itu nantinya dapat membantu,menolong serta memberdayaan masyarakat maupun mahasiswa STIKES Muhammdiyah Lamngan,khususnya anggota PK. IMM STIKES Muhammadiyah Lamongan.
Selain itu sebagaimana kita ketahui akhir-akhir ini di negeri kita tercinta sering terjadi bencana alam, sebagai generasi islam yang peduli terhadap sesama menggugah kita untuk berbuat sesuatu untuk membantu sesuai kemampuan kita baik harta maupun tenaga,untuk menanamkan jiwa-jiwa sosial dan peduli pada seluruh kader-kader IMM STIKES Muhammadiyah Lamongan.

              III.            PROGRAM KERJA
1.    Pelatihan TIM SAR
2.    Mengadakan Qurban
3.    Mengadakan Bhakti Sosial

                        IV.            REALISASI PROGRAM
1)      Bhakti sosial, Pengobatan Gratis, dan Sunatan Masal dalam rangka Milad Muhammadiyah Ke-104 di Desa Bronjong,Kecamatan Bluluk,Kabupaten Lamongan
2)      Kajian Idul Qurban dan Penyembelihan hewan Qurban Tahun 1435 H / 2014 M
3)      Penggalangan Dana untuk korban bencana alam erupsi Gunung Kelud di Kabupaten Kediri.
4)      Bhakti sosial Tim Relawan STIKES Muhammadiyah Lamongan bekerja sama dengan MDMC untuk menaggulangi bencan alam erupsi Gunung Kelud

                       V.            PROGRAM YANG BELUM TEREALISASI
1)      Pelatihan Tim SAR

              VI.            EVALUASI
Program kerja yang telah kami buat sudah berdasarkan GBHO (Garis-garis Besar Haluan Organisasi), telah banyak kegiatan yang terealisasi, namun ada diantara kegiatan tersebut yang belum terkoordinasi dengan baik, dikarenakan kurangnya  komunikasi dan informasi mengenangi program kerja antar bidang sosek, dan kurangnya loyalitas maupun situasi,kondisi dan waktu yang kurang memungkinkan.

              VII.            KENDALA-KENDALA
Kendala yang muncul diantaranya :
1)   Jadwal Kuliah mahasiswa yang padat dan tidak teratur.
2)   Kurangnya koordinasi antar anggota bidang sosial maupun anggota PK.IMM STIKES Muhammadiyah Lamongan.

              VIII.            PENUTUP
Demikian laporan pertanggung jawaban kami buat sebagaimana kegiatan yang telah kami lakukan dengan sebenar-benarnya, kami segenap pengurus Bidang Sosial ekonomi dan pemberdayaan masyarakat. Apabila ada salah kata atau perbuatan selama periode ini kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Dan semoga Allah senantiasa memberikan kita kemudahan dalam setiap langkah dan kegiatan kita.
Billahi fi sabilil haq fastabiqul Khoirot
Wassalamualaikum wr.wb



KETUA BIDANG





SUKMA MAHARDIKA
SEKRETARIS BIDANG





LIA SRYANDIKA

Like This Post? Please share!

  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

Tidak ada komentar :

Leave a Reply

Scroll to top