Laporan Pertanggung Jawaban Bidang Kader 2013-2014



LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN
BIDANG KADER
IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH
PK STIKES MUHAMMADIYAH LAMONGAN
2013-2014
I.                   PENDAHULUAN
Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) sebagai bagian dari Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM), memiliki posisi yang strategis dalam rangka membangun tradisi pembaharuan Muhammadiyah. Dengan basis kekuatan yang berada dikampus-kampus Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM), Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) lainnya, menjadikan IMM sebagai organisasi otonom (Ortom) Muhammadiyah yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan kader-kader akademis Muhmmadiyah masa depan. Posisi ini meniscayakan IMM untuk selalu melakukan reorientasi dan penajaman visi, misi, peran, agenda, strategi, metode serta teknik gerakan. Dalam arti lain, IMM perlu melakukan penguatan gerakan, baik dari segi landasan pemikiran maupun program aksinya.
Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) sebagai institusi sosial-intelektual memiliki tingkat kemungkinan yang sangat besar untuk terlibat dalam kancah globalisasi yang terjadi. IMM sebagai Social Movement dapat memainkan peran strategisnya dalam arena kehidupan global. Diharapkan tingkat kemampuan IMM mampu memberikan penawaran serta tanggapan terhadap setiap tantangan yang dihadapi.
Untuk itu, PK IMM STIKES Muhammadiyah Lamongan menghadapi era globalisasi ini mempersiapkan kadernya dalam berbagai bidang keahlian supaya mampu bersaing demi ter wujudnya suatu organisasi yang solid dan memberi kontribusi untuk masyarakat namun tidak lepas dari nilai-nilai keislaman.
      Mengacu pada sasaran khusus pada Bidang Kader yaitu Bidang Kader diarahkan pada penguatan tri kompetensi dasar (aqidah, intelektual dan humanitas) yang secara dinamis mampu menempatkan diri sebagai pelaku perubahan sosial masyarakat. Maka bidang kader PK IMM STIKES Muhammadiyah Lamongan berupaya untuk tetap konsisten dalam pergerakan.

II.                KONDISI OBYEKTIF
PK IMM STIKES Muhammadiyah Lamongan merupakan organisasi otonom muhammadiyah, dan STIKES Muhammadiyah Lamongan merupakan perguruan tinggi muhammadiyah (PTM) maka diharapkan keduany bisa berjalan selaras demi kemajuan Muhammadiyah. PK STIKES Muhammadiyah Lamongan sebelumnya berupaya untuk mengembalikan perjuangan pergerakan namun dengan kampus yang memberikan pendidikan profesional kerja maka masih banyak hal yang belum semestinya terutama mengenai jadwal perkuliahan.
      Efek dari tidak teraturnya jadwal perkuliahan sedikit banyak mempengaruhi pergerakan karena harus menyesuaikan jadwal tersebut. Adapun kondisi tersebut adalah loyalitas dan kebersamaan antar anggota yang kurang.

III.             PROGRAM KERJA
1.      Penguatan ekspansi KADER
2.      Menyusun perkaderan lokal dalam upaya pengembangan kemampuan kader dan orientasinya (DAD)
3.      Mastama IMM

IV.             REALISASI PROGRAM
1.      Karena STIKES Muhammadiyah merupakan perguruan tinggi kesehatan yang mengedepankan keahlian dan profesional maka PK IMM STIKES Muhammadiyah Lamongan secara langsung memberdayakan semua kader sehingga terwujud kader kader yang berkualitas.
2.      Telah melaksanakan 2 kali Darul Arqom Dasar(DAD).
3.      Telah melaksanakan 2 kali mastama IMM.

V.                EVALUASI
Adapun kegiatan bidang kader sudah sesuai dengan program kerja yang telah dibuat tetapi demi lebih baiknya lagi program kerja yang akan datang maka perlu adanya perbaikan dalam hal kesolidan dan kerjasama antar anggota PK IMM STIKES Muhammadiyah Lamongan.

VI.             KENDALA-KENDALA
Bidang kader mengevaluasi tentang program kerja yaitu masih banyaknya kegiatan yang harus tertunda karena bersamaan dengan jadwal perkuliahan(kampus STIKES Muhammadiyah Lamongan).

VII.          PENUTUP
      Laporan pertanggungjawaban ini disusun untuk menjadi acuan dalam gerakan di bidang kader PK IMM STIKES Muhammadiyah Lamongan pada periode selanjutnya. Dengan laporan pertanggungjawaban ini diharapkan akan adanya perubahan kearah yang lebih baik. Hal ini akan mendukung percepatan dinamika organisasi mendekati tujuan terbentuknya akademisi Islam yang berakhlak mulia dalam rangka terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.




KETUA BIDANG



WIWIN SEKARWATI
SEKRETARIS BIDANG



CATUR SUGIARTO

Like This Post? Please share!

  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

Tidak ada komentar :

Leave a Reply

Scroll to top