Laoran Pertanggung Jawaban Bidang Riset dan Pengembangan Keilmuan 2013-2014



LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN
BIDANG RISET DAN PENGEMBANGAN KEILMUAN
IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH
PK STIKES MUHAMMADIYAH LAMONGAN
2013 - 2014

       I.       PENDAHULUAN
          Assalamualaikum wr.wb
Artinya: “Dan (aku datang kepadamu) membenarkan Taurat yang datang sebelumku, dan untuk menghalalkan bagimu sebagian yang Telah diharamkan untukmu, dan Aku datang kepadamu dengan membawa suatu tanda (mukjizat) daripada Tuhanmu. Karena itu bertaqwalah kepada Allah dan taatlah kepadaku.” (QS. Ali-Imran: 50).
Kiprah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah dalam memajukan dan meningkatkan kinerja selalu menjadi prioritas utama, selama lebih dari puluhan tahun berjuang dan berkiprah di dalam lembaga kampus maupun diluar kampus, senantiasa bergelut dengan program kerja dan rencana kerja untuk mewujudkan makna Fastabiqul Khoirot. Sehingga tidak diragukan lagi nama besar IMM di lembaga pendidikan perguruan tinggi, namun dalam hal ini bukan berarti nama besar menjadi alasan kita untuk tidak mempunyai jiwa dan makna kepedulian terhadap sesama.
Adapun mahasiswa sebagai generasi penerus sekaligus elemen intelektual dalam masyarakat adalah salah satu pihak yang turut mengemban amanah pembangunan bangsa. Sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, peran serta mahasiswa dalam masyarakat tidaklah dibatasi pada kewajiban akademis dan lingkungan kampus saja, melainkan juga vital pada berbagai fungsi lain di lapangan. Mahasiswa dituntut untuk secara kritis mampu terlibat secara aktif dalam upaya pembangunan nasional, melalui proses belajar dan pengembangan ilmu pengetahuan yang diiringi pula dengan karya nyata di lingkungan. Dan pengabdian mahasiswa di bidang pembangunan masyarakat ini dapat dimulai sejak dini melalui berbagai bentuk aplikasi karya dan seni.


                       II.            KONDISI OBYEKTIF

Sesuai dengan perkembangan dalam organisasi IMM PK STIKES Muhammadiyah Lamongan, dalam bidang riset dan pengembangan ilmu ini memiliki tujuan utama yaitu mengakomodir semua kreatifitas imawan/imawati dengan mengadakan wadah-wadah yang dapat menampung segala aspirasi dan wadah-wadah yang dapat sebagai tempat sharing dan mencari ilmu lebih tentang organisasi, pendidikan, dan yang terutama pengetahuan Islamiyah. Walaupun dalam keadaan realitas hal-hal tersebut sungguh sulit untuk dilaksanakan dengan baik karena berbagai kendala-kendala yang berkenaan dengan aktifitas dari seluruh imawan/imawati sebagai mahasiswa, dengan keterbatasan tersebut kami berusaha dengan semaksimal mungkin untuk bisa mengemban amanah yang berat ini.

  1. PROGRAM KERJA
Program kerja yang kami rencanakan pada Musykom IV adalah sebagai berikut :
1.      MBI
2.      ISC
3.      Seminar
4.      Bedah Buku
5.      KTI
6.      Cerdas Cermat

  1. REALISASI PROGRAM
Program kerja yang telah terealisasi yaitu:
1)      MBI di Desa Bronjong Kec. Bluluk Kab. Lamongan
2)      ISC dilakukan di ruang PK. IMM STIKES Muhammadiyah Lamongan
  1. EVALUASI
Mengingat dengan segala kendala dan batas waktu, ada beberapa program kerja yang masih belum sempat dilaksanakan ataupun dilaksanakan dengan keterbatasan dan tidak optimal oleh bidang riset dan pengembangan keilmuan dalam periode 2013-2014. Dengan hal tersebut kami berharap pengurus yang selanjutnya dapat mengemban amanah dengan lebih baik dan lebih memiliki responsbility.

  1. KENDALA-KENDALA
Dalam pelaksanaan program bidang riset dan pengembangan keilmuan terdapat banyak kendala seperti :
1.      Keterbenturan antara keperluan organisasi dengan tangguang jawab terhadap tugas kemahasiswaan dari immawan/immawati.
2.      Komunikasi yang kurang berjalan dengan semestinya dari masing-masing imawan/imawati.
3.      Komitmen dan Responsibility yang kurang dari masing-masing imawan/imawati.

  1. PENUTUP
Demikian paparan tentang kondisi objektif bidang riset dan pengembangan keilmuan. Semoga apa yang telah kami tulis dapat dijadikan sebagai pertimbangan dan masukan untuk periode kepemimpinan yang mendatang. Komitmen dan kerja yang ikhlas dari IMMawan dan IMMawati sangat kami harapkan demi keberhasilan program kerja dan kejayaan umat Islam di Indonesia, khususnya di STIKES Muhammadiyah. Kami mohon maaf apabila dalam mengemban amanah banyak kekurangan dan kekhilafan. Salam perjuangan….!!!!

                        Ketua Bidang                                                 Sekretaris Bidang
                                                                                                     

                        Fitria Ulfah                                                    Ririn Kristiana

Like This Post? Please share!

  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

Tidak ada komentar :

Leave a Reply

Scroll to top