Laporan Pertanggung Jawaban Bidang Seni Budaya dan Olahraga



LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN
BIDANG SENI BUDAYA DAN OLAHRAGA
PK IMM STIKES MUHAMMADIYAH LAMONGAN
2013-2014

A.     MUQODIMAH

 Kamus Besar Bahasa Indonesia memaknai seni adalah sebuah Ilmu tentang keahlian membuat karya yang bermutu. Teori klasik sejak zaman socrates, Plato sampai Aristoteles menganggap bahwa seni adalah suatu usaha untuk menyalin alam kedalam berbagai bentuk. Jauh dari peradaban Yunani Kuno, di Indonesia Ki Hajar Dewantara lebih menekankan unsur perasaan yang bersifat indah.
Terkait dengan kebudayaan, seni merupakan unsur yang dapat menciptakan sebuah budaya sendiri. Budaya yang ditopang oleh seni adalah budaya yang diperkaya dengan nilai estetika sehingga mencerminkan kepribadian masyarakat yang memilikinya.


B.     AMANAH MUSYKOM IV

1.      Meningkatkan ghiroh berorganisasi melalui seni, budaya dan olahraga.
2.      Memfasilitasi semua mahasiswa untuk menyalurkan bakat seni dan olahraga
3.      Menyalurkan minat dan bakat mahasiswa dalam bidang seni, budaya dan olahraga.
4.      Mengembangkan seni, budaya dan olahraga baik dalam lingkup internal maupun eksternal.

C.      REALISASI PROGRAM
Dari amanah musykom diatas maka kami dari bidang seni, budaya dan olahraga merusmukan tiga program kerja yang menjadi acuan kami dalam menjalankan amanah keorganisasian ini :
1.      Pengembangan Keolahragaan IMM ini sudah terealisasi walaupun dalam rencana tindakan yang kita jalankan belum sepenuhnya terlaksana sesuai waktu yang sudah ditentukan. Alhamdulillah walaupun belum maksimal. Walaupun latihan latihan sendiri dilakukan oleh beberapa orang saja dari mahasiswa.
2.      IMM Cup. Konsep awal IMM Cup ini memang kita maksudkan untuk mengarahkannya ke eksternal  kampus dengan mengundang SMA/SMK/MA se kabupaten Lamongan. Dan program ini belum terealisasikan.
3.      Senam IMM. Program ini sengaja kami rumuskan dengan pertimbangan yang matang dan direncanakan setiap bulan sekali. Alhamdulillah kampus juga senada dengan program ini, bahkan setiap minggu diadakan walau tidak setiap minggu. Walaupun itu bukan gagasan dan program kami, alhamdulillah tujuan kami tercapai dengan menyehatkan mahasiswa melalui senam.




D.     PROBLEMATIKA
Dalam pelaksanaan program, terdapat banyak kendala seperti :

1.    Komunikasi antar anggota bidang yang kurang intens, karena pada saat rapat IMM masih banyak anggota yang tidak hadir, sehingga tidak mengikuti perkembangan program kegiatan setiap bidang.
2.    Jadwal kuliah dan Praktek yang padat sehingga kurangnya untuk meluangkan waktu dalam melakukan kegiatan yang ada..
3.    Kurangnya respon dari mahasiswa dan kurangnya sosialisasi konsep bidang serta sulitnya menempatkan peran bidang secara independen yang tidak hanya dituntut untuk menciptakan kreasi, pementasan dan hiburan.

E.      PENUTUP
Seringkali tuntutan yang disampaikan oleh massa IMM baik dari mahasiswa maupun internal IMM adalah kerja kongkrit yang melibatkan oleh gerak yang berwujud secara fisik. Namun segala usaha yang telah kami lakukan masih jauh sekali dari harapan. Untuk itu kami menyampaikan permohonan maaf yang sebesar – besarnya atas segala khilaf yang sengaja maupun tidak disengaja. Mudah – mudahan IMM semaikin berjaya, Fastabiqul Khoirat....!!!


Lamongan, 06-07-2014



Ketua Bidang




Sekretaris
M Suradi
Agung Dwi Prasetyo

Like This Post? Please share!

  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

Tidak ada komentar :

Leave a Reply

Scroll to top