Laporan Pertanggung Jawaban Bidang Tabligh dan Kajian Islam 2013-2014



LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN
BIDANG TABLIGH DAN KAJIAN ISLAM
PK IMM STIKES MUHAMMADIYAH LAMONGAN
2013-2014


A.      PENDAHULUAN
 Sesungguhnya Allah menyukai orang yang berperang dijalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh (QS: As-Shaff : 4).

Dimasa Rasulullah SAW, Rasulullah sering berperang melawan pasukan kafir Quraisy demi menyebarkan agama Islam. Perang demi perang dilalui oleh rasulullah , kemenangan demi kemenangan pun dicapai oleh Rasulullah sehingga islam pun tersebar di wilayah Arab dan Eropa. Dimasa sekarang ini, para umat Islam seharusnya melanjutkan apa yang sudah dilakukan oleh Rasulullah maupun para sahabatnya yang menyebarkan agama Islam. Meskipun dimasa sekarang ini tidaklah melakukan peperangan, menyebarkan agama Islam juga bisa dilakukan dengan cara berdakwah.  Rasulullah SAW bersabda “Sampaikanlah (ilmu yang kau miliki) walau hanya satu ayat”.
Di sinilah kemudian, dengan segala keterbatasan yang kami miliki mencoba melakukan proses itu. Memang da’wah membutuhkan pengorbanan, namun kami yakin jalan Allah pasti akan terbuka bagi orang yang senantiasa berda’wah dan menuntut ilmu. Dengan berbekal keyakinan tersebut, kami berusaha menjalankan misi keislaman yang kami lakukan dalam upaya mencapai sebuah perubahan pola pikir mahasiswa ke arah ajaran Islam yang sebenar-benarnya.


B.      KONDISI OBYEKTIF
Sesuai dengan nama, Bidang Tabligh dan Kajian Islam IMM PK Stikes Muhammadiyah Lamongan, mempunyai garapan yang sangat luas dan tanggung jawab yang berat yakni amanah untuk menda’wahkan Islam dan mengembangkan ilmu pengetahuan keagamaan. Hal inilah yang menjadikan bidang kami ini kadang merasa amat sangat terbebani karena harus melakukan dakwah di Era modernisasi ini. Sedangkan pelaksana (kabid dan anggotanya) hanya beberapa persen yang selalu konsisten dalam mengemban amanah ini.
Tanpa mengacuhkan seluruh jajaran pengurus IMM PK STIKES Muhammadiyah Lamongan yang selalu bekerja keras dalam melakukan dakwah di lingkup kampus STIKES Muhammadiyah lamongan kepada setiap mahasiswa. Setiap kali melakukan kegiatan bidang Tabligh dan Kajian Islam mengajak semua mahasiswa tapi apa daya semua tenaga yang dikeluarkan sudah optimal tapi hasil yang didapat tidak sesuai dengan harapan.


C.      PROGRAM KERJA
Program kerja yang kami rencanakan pada Musykom IV adalah sebagai berikut :
No
Nama Kegiatan
Bulan
Jan
Feb
Mar
Apr
Mei
Jun
Jul
Aug
Sep
Okt
Nov
Des
1
Kajian Islam
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
2
Ekstra Tilawah
2,4
2,4
2,4
2,4
2,4
2,4
2,4
2,4
2,4
2,4
2,4
2,4
3
PHBI





2
2


3
2

4
Debat Internal Lingkup Institusi

4








4



D.      REALISASI PROGRAM
Program kerja yang telah terealisasi yaitu : Pertama : Kajian Islam dan Ekstra Tilawah meskipun hanya beberapa kali saja pelaksanaannya tapi bagi kami itulah yang bisa kami lakukan dalam waktu 1 tahun kepengurusan kami yang sudah kami lakukan seoptimal mungkin.


E.      EVALUASI
Mengingat waktu yang diberikan oleh kami hanya 1 tahun, ada beberapa program kerja yang masih belum sempat dilaksanakan oleh bidang Tabligh dan Kajian Islam dalam periode 2013-2014. Sehingga untuk kepengurusan yang kedepan supaya mampu menjalankan kepengurusan ini dengan baik dan mampu menjalankan apa yang menjadi ekspektasi dari MUSYKOM ke V yang dilaksanakan sekarang ini.


F.       KENDALA-KENDALA
Dalam pelaksanaan program Tabligh dan Kajian Islam, terdapat banyak kendala seperti :
1.     Komunikasi antar anggota bidang yang kurang intens, karena pada saat rapat IMM masih banyak anggota yang tidak hadir, sehingga tidak mengikuti perkembangan program kegiatan setiap bidang.
2.     Jadwal kuliah dan Praktek Klinik yang padat sehingga kurangnya untuk meluangkan waktu dalam melakukan kegiatan yang ada..
G.      PENUTUP
Demikian paparan tentang kondisi objektif bidang Tabligh dan Kajian Islam. Semoga apa yang telah kami tulis dapat dijadikan sebagai pertimbangan dan masukan untuk periode kepemimpinan yang mendatang. Komitmen dan kerja yang ikhlas dari IMMawan dan IMMawati sangat kami harapkan demi keberhasilan program kerja dan kejayaan umat Islam di Indonesia, khususnya di STIKES Muhammadiyah. Kami mohon maaf apabila dalam mengemban amanah banyak kekurangan dan kekhilafan. Fastabiqul Khoirat….!!!!


Mengetahui,
                                 Ketua Bidang                                                      Sekretaris Bidang
                                                                                                                                      




                           Ririn Purwati Ningsih                                    Ummu Sholichatul Maghfirah

Like This Post? Please share!

  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

Tidak ada komentar :

Leave a Reply

Scroll to top