Laporan Pertanggung Jawaban Bidang Hikmah 2013-2014



LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN
BIDANG HIKMAH
PK IMM STIKES MUHAMMADIYAH LAMONGAN
2013-2014


A.    PENDAHULUAN

Genealitas dan historis kelahiran Ikatan Mahasiswa muhammadiyah (IMM) sebagai sebuah ensitas mahasiswa yang khas dengan ciri keseimbangan intelektualitas dan praksis gerakan tak perlu kita pertanyakan lagi. Sandaran normatif dan historis kelahiiran imm dengan tegas menjawab keraguan kader-kadernya akan pertanyaan- pertanyaan seputar relasi organisasi mahasiswa dan praksis gerakan politik horizontal (pemberdayaan) disatu sisi yang lain.
Allah adalah kebenaran itu sendiri yang personifikasi moralitasnya adalah rosul. Konsep ini meniscayakan kader-kader IMM memancangkan niat untuk turut dalam proses proses substansialisasi manifestasi nilai-nilai kemanusiaan uang liberatif emansipatif itu menjadi fakta sosial yang membebaskan.
Di sinilah kemudian dengan segala keterbatasan yang kami miliki mencoba melakukan proses itu melalui suatu kajian hikmah. Dimana pada dasarnya kajian ini bertujuan sebagai penguatan peran social-politik IMM ditengah kehidupan berbangsa dan bernegara, khususnya dalam peran serta sosial politik generasi muda. Pemetaan basis data sosial politik dan budaya, penguatan peran intelektual kader, laboratorium, politik dengan pengayaan khazanah sosial politik dan budaya, khususnya dalam kepengurusan kepemimpinan PK. IMM STIKES Muhammadiyah Lamongan periode 2013-2014.

B.     KONDISI OBYEKTIF
Sesuai dengan nama kajian  hikmah, yang pada dasarnya kajian ini membahas tentang adanya issue – issue global yang sedang hangat dimasyarakat. Mengetahui hal tersebut kami selaku anggota bidang hikmah ingin berusaha  menganalisis adanya persoalan-persoalan baik persoalan dalam bidang sosial politik maupun pemerintahan dalam masyarakat . Sehingga denga diadanya kajian ini diharapakan tercipta stabilitas organisasi, terciptanya peningkatan kapasitas manajemen organisasi dan sebagai wadah untuk penguatan ekspansi organisasi.
Hal inilah yang menjadikan bidang kami ini kadang merasa amat sangat terbebani karena harus mencari issue issue dalam masyarakat yang layak kami jadikan bahan kajian, mencari narasumber  yang benar-benar kompeten, dan mengajak para kader untuk ikut serta dalam kajian ini.. Sedangkan pelaksana (kabid dan anggotanya) hanya beberapa persen yang selalu konsisten dalam mengemban amanah ini.
Tanpa mengacuhkan seluruh jajaran pengurus IMM PK STIKES Muhammadiyah Lamongan yang selalu bekerja keras dalam melakukan dakwah di lingkup kampus STIKES Muhammadiyah lamongan kepada setiap mahasiswa. Setiap kali melakukan kegiatan bidang hikmah mengajak semua kader IMM tapi apa daya semua tenaga yang dikeluarkan sudah optimal tapi hasil yang didapat tidak sesuai dengan harapan.

C.    PROGRAM KERJA
Program kerja yang kami rencanakan pada Musykom IV adalah sebagai berikut :
No
Nama Kegiatan
Bulan
Jan
Feb
Mar
Apr
Mei
Jun
Jul
Aug
Sep
Okt
Nov
Des
1
Kajian Hikmah







2





D.    REALISASI PROGRAM
Program kerja yang telah terealisasi yaitu  Kajian Hikmah  meskipun hanya satu kali saja pelaksanaannya tapi bagi kami itulah yang bisa kami lakukan dalam waktu 1 tahun kepengurusan kami.

E.     EVALUASI
Mengingat waktu yang diberikan oleh kami hanya 1 tahun, ada beberapa program kerja yang masih belum sempat dilaksanakan oleh bidang Hikmah dalam periode 2013-2014. Sehingga untuk kepengurusan yang kedepan supaya mampu menjalankan kepengurusan ini dengan baik dan mampu menjalankan apa yang menjadi ekspektasi dari MUSYKOM ke V yang dilaksanakan sekarang ini.

F.     KENDALA-KENDALA
Dalam pelaksanaan program Tabligh dan Kajian Islam, terdapat banyak kendala seperti :
1.    Komunikasi antar anggota bidang yang kurang intens, karena pada saat rapat IMM masih banyak anggota yang tidak hadir, sehingga tidak mengikuti perkembangan program kegiatan setiap bidang.
2.    Jadwal kuliah dan Praktek Klinik yang padat sehingga kurangnya untuk meluangkan waktu dalam melakukan kegiatan yang ada.

G.    PENUTUP
Demikian paparan tentang kondisi objektif bidang Hikmah. Semoga apa yang telah kami tulis dapat dijadikan sebagai pertimbangan dan masukan untuk periode kepemimpinan yang mendatang. Komitmen dan kerja yang ikhlas dari IMMawan dan IMMawati sangat kami harapkan demi keberhasilan program kerja dan kejayaan umat Islam di Indonesia, khususnya di STIKES Muhammadiyah. Kami mohon maaf apabila dalam mengemban amanah banyak kekurangan dan kekhilafan. Fastabiqul Khoirat….!!!!



Mengetahui,

                        Ketua Bidang                                                             Sekretaris Bidang
                                                                                                     

 

        APRILLIA KHUSNI SYAFILA                                       AGUSTIN TRI LESTARI                                             


Like This Post? Please share!

  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

Tidak ada komentar :

Leave a Reply

Scroll to top